Pengobatan Kanker Payudara

Pengobatan Kanker Payudara

pengobatan-kanker-payudara.jpgAda 2 jenis pengobatan umum, yaitu :

Pengobatan Lokal atau Sistemik

Pengobatan lokal atau sistemik dilakukan untuk mengobati tumor tanpa menimbulkan pengaruh pada bagian tubuh yang lain, seperti radioterapi atau pembedahan.

Pengobatan lokal dilakukan melalui aliran darah atau mulut lalu menyebar ke seluruh tubuh untuk menjangkau sel-sel kanker yang kemungkinan sudah menyebar keluar dari organ payudara.
Terapi Ajuvan dan Neo-ajuvan

Terapi Ajuvan dan Neo-ajuvan dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa dari sel-sel kanker yang biasanya bersembunyi setelah terapi pembedahan.


Metode yang dilakukan untuk kesembuhan kanker payudara adalah :

Pembedahan untuk Kanker Payudara

Sebagian besar dari wanita yang sebelumnya telah didiagnosa memiliki kanker payudara biasanya akan mengobati tumor primernya melalui beberapa jenis pembedahan.

Pembedahan dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat sebanyak mungkin sel-sel kanker yang ada di dalam tubuhnya.

Pembedahan juga bisa dilakukan untuk tujuan lain yaitu :

  • Untuk mengetahui apakah sel-sel kanker sudah tumbuh dan berkembang hingga kelenjar getah bening di bawah lengan,
  • Untuk mengembalikan bentuk payudara seperti sebelumnya setelah mastektomi,
  • Untuk meringankan gejala pada wanita yang menderita kanker payudara stadium lanjut.

Bagi sebagian besar wanita yang menderita kanker payudara biasanya berpikir bahwa operasi pembedahan merupakan sesuatu yang menakutkan bagi mereka.

Namun kekhawatiran dan rasa takut dari pasien bisa berkurang jika sudah mengetahui apa yang akan terjadi sebelum, selama dan sesudah pembedahan dilakukan.

Beberapa hari setelah menjalani biopsi, pasien akan mengetahui apakah dirinya memiliki kanker atau tidak, namun untuk mendapatkan hasil yang benar-benar akurat pasien harus menunggu hingga operasi.

Kemungkinan besar pasien akan bertemu dengan dokter bedah selama beberapa hari sebelum operasi untuk berbicara mengenai apa yang akan terjadi nantinya.

Setelah itu pasien akan diminta untuk mengisi sebuah formulir persetujuan yang memberikan izin dokter untuk melakukan operasi.

Kemungkinan pasien akan diminta untuk menyumbangkan darah menjelang masa operasi. Selain itu dokter juga akan bertanya pada pasien mengenai obat-obatan, suplemen ataupun vitamin yang dikonsumsinya.

Ada kalanya pasien akan diwajibkan untuk berhenti mengkonsumsi beberapa jenis suplemen atau vitamin vitamin sekitar 1 minggu sebelum operasi.

Selain itu pasien akan bertemu dengan paramedis profesional yang akan memberikan pasien anestesi selama masa operasi. Obat ini akan membuat pasien tidak merasa sakit dan membantu tidur.

Jenis obat anestesi yang diberikan pada pasien tergantung dari jenis operasi yang dilakukan serta riwayat kesehatan pasien.

operasi-kanker-payudara.jpgBerikut ini adalah jenis operasi pembedahan kanker payudara yang biasanya digunakan untuk mengatasi kanker payudara :

  • Operasi Konservasi Payudara
    Operasi Konservasi Payudara dilakukan dengan cara mengangkat sebagian dari payudara dimana bagian payudara yang diangkat tergantung dari lokasi dan ukuran tumor, ataupun faktor lainnya.
  • Lumpektomi
    Lumpektomi dilakukan untuk menghilangkan benjolan pada payudara saja. Biasanya setelah dilakukan operasi ini pasien akan menjalani pengobatan radiasi. Jika ternyata pasien menjalani kemoterapi juga maka pengobatan radiasi bisa ditunda hingga kemoterapi selesai.Kemungkinan ahli bedah akan mengambil lebih banyak jaringan dari tubuh pasien jika ternyata ditemukan kanker pada batas tepi dari potongan jaringan yang telah diangkat.
  • Mastektomi
    Operasi ini dilakukan dengan mengangkat seluruh jaringan payudara, ada kalanya jaringan lain yang ada di dekatnya juga ikut diangkat.
  • Mastektomi Parsial (segmental) atau quadrantectomy
    Mastektomi-Parsial.jpgMastektomi Parsial dilakukan dengan menghapus lebih dari jaringan payudara yang dilakukan pada lumpektomi.
    Terapi radiasi biasanya juga dilakukan dengan operasi ini namun jika kemoterapi diberikan maka kemungkinan pengobatan radiasi akan tertunda.
    Kemungkinan pasien yang menjalani operasi ini akan merasakan efek samping seperti pembengkakan yang terjadi sementara, rasa sakit, serta tekstur payudara yang keras dan lembek karena jaringan parut yang terbentuk setelah pembedahan.
    Perubahan bentuk payudara akan semakin terlihat berubah jika bagian payudara yang diangkat juga semakin banyak.
    Bila bentuk payudara pasien terlihat berubah setelah menjalani operasi maka pasien bisa menjalani operasi rekonstruksi supaya bentuk kedua payudara terlihat sama seperti semula.Ada baiknya pasien terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter bedah supaya pasien bisa mendapatkan gambaran yang baik mengenai bentuk payudara pasca operasi ataupun pasien bisa mendapatkan pilihan lain.
  • Mastektomi Total atau Sederhana
    Mastektomi Total atau Sederhana dilakukan dengan mengangkat seluruh bagian payudara namun tidak termasuk dengan jaringan otot di bawah payudara atau kelenjar getah bening pada bawah lengan.
    Ada kalanya kedua bagian payudara akan diangkat terutama jika dilakukan mastektomi untuk mencegah terjadinya kanker.
    Jika pasien ingin melakukan rekonstruksi payudara maka pasien bisa menjalani skin-sparing mastektomi. Maka dari itu, sebagian besar dari kulit payudara (selain dari areola dan puting) tersisa utuh.
    Skin-sparing mastektomi juga bisa dilakukan untuk mastektomi sederhana. Jumlah jaringan payudara yang diangkat sama dengan mastektomi sederhana.
    Walaupun pendekatan ini tidak digunakan melebihi standar mastektomi, namun metode ini lebih disukai karena hanya ada sedikit jaringan parut bekas luka dan payudara yang direkonstruksi akan terlihat lebih alami.
  • Mastektomi radikal termodifikasi
    Mastektomi radikal termodifikasi dilakukan dengan mengangkat seluruh bagian payudara serta beberapa kelenjar getah bening pada bawah lengan.
    Mastektomi radikal termodifikasi merupakan operasi yang paling sering digunakan untuk wanita dengan kanker payudara yang seluruh bagian payudaranya diangkat.
  • Mastektomi radikal
    Mastektomi radikal merupakan operasi besar dimana seluruh payudara pasien akan dihapus oleh ahli bedah, termasuk dengan otot dinding dada di bawah payudara dan kelenjar getah bening di bawah ketiak (aksila).
    Sebelumnya jenis operasi ini sangat sering digunakan karena telah terbukti bahwa mastektomi radikal termodifikasi bisa bekerja dengan baik.
    Operasi mastektomi radikal termodifikasi juga bisa dilakukan untuk tumor besar yang tumbuh di dalam otot di bawah payudara.

Ada beberapa Efek samping yang biasanya dialami oleh pasien setelah operasi adalah adanya perubahan bentuk payudara, termasuk dengan terbentuknya darah pada luka, luka karena infeksi dan terbentuknya cairan bening dalam luka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s