Alergi Makanan

 

gatal-karena-alergi-makanan

Alergi pada suatu jenis makan dapat mengganggu kenikmatan serta juga dapat menganggu kesehatan tubuh kita. Dan sepertinya saat ini alergi merupakan suatu hal yang umum terjadi pada masyarakat.

 

Dengan cara memakan semua jenis makanan, tubuh kita akan memperlihatkan gejala alergi, jika tubuh kita tidak dapat mentoleransi jenis makanan tersebut. Umumnya alergi jenis makanan seperti ikan, udang, kepiting, telur, sayur, dan lain-lain.

 

Dengan mengetahui bahwa tubuh kita tidak dapat mentoleransi makanan tersebut secara dini, kita dapat menghindar dari terjadinya alergi. Namun kita perlu tahu apa sebenarnya alergi itu.

 

Alergi makanan adalah merupakan respon alamiah imun tubuh yang bersifat negatif terhadap protein dari makanan yang kita konsumsi. Intolerance atau alergi terhadap jenis makanan, umumnya dapat berpengaruh pada siapa saja serta dapat menimbulkan reaksi yang berbeda pada tiap individunya.

 

Maka tidak semua intolerance atau alergi makanan itu nantinya dapat menyebabkan terganggunya sistem imunitas tubuh manusia.

 

alergi-makanan-300x195

Umumnya anak-anak sering sekali terserang alergi, terutama yang memiliki usia di bawah empat tahun. Kebanyakan anak-anak mengalami alergi susu, kedelai, atau gandum. Sedangkan alergi ikan, udang, dan kerang umumnya mulai berkembang dikemudian hari nanti.

 

Anda seharusnya sudah harus tahu tentang alasan yang tepat munculnya alergi pada anak-anak. Dan ternyata faktor lingkungan serta faktor genetik juga ikut berperan dalam munculnya alergi.

 
Sedangkan seorang ahli gizi yang lain berusaha menyoroti tentang makanan apa saja yang dapat menimbulkan masalah alergi. Jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi adalah : susu sapi, susu kedelai, serta susu kambing. Juga semua produk olahan susu yang diproduksi secara massal seperti keju, yoghurt, susu kental, dan juga ea krim yang juga dapat menimbulkan masalah alergi.Lembaga pengawasan makanan dan obat di Amerika yang di biasa disebut FDA atau Food and Drug Administration mengungkapkan bahwa diperkirakan ada sekitar 2% orang dewasa serta 8% anak-anak yang memiliki alergi makanan.

 

 

Demikian juga dengan telur. Telur dapat memunculkan alergi pada seseorang. Maka dari itu anda harus menghindari makanan yang berbahan telur, seperti: cake, jue, biskuit dan lain-lainnya.

 

penyebab-alergi-300x196

Ada pula jenis kacang-kacangan terutama sekali adalah kacang kedelai serta olahan dari kedelai terutama susu kedelai. Gandum juga mampu membuat orang terserang alergi, sehingga ada perlu menjauhi serta ektra hati-hati terhadap gandum.

 

Beberapa jenis makanan lainnya yang juga dapat menyebabkan alergi, adalah: kacang-kacangan, jagung dan juga makanan dengan zat pengawet dan mengandung zat pewarna apalagi makanan yang memiliki warna yang begitu mencolok.

 

Jadi, untuk mengatasi itu semua, anda perlu lebih berhati-hati dengan cara melakukan beberapa aktivitas seperti berikut ini:

  • Menghindari makanan yang anda rasa begitu mencurigakan yang nantinya dapat berakibat pada kesehatan anda menjadi terganggu. Sehingga anda perlu benar-benar selektif dalam memilih jenis makanan.
  • Melakukan beberapa tes alergi. Makan semua jenis makanan tersebut hinga akhirya anda akan tahu secara pasti jenis makanan yang mana yang dapat menyebabkan alergi.
  • Memastikan bahwa semua makanan olahan yang anda konsumsi itu telah anda konsultasikan pada dokter. Saat alergi makanan telah dapat ditemukan, pastikan semua jenis makanan tersebut telah terhapus dari daftar menu makanan anda sehari-hari.

 

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi alergi pada makanan adalah dengan mengkonsumsi NECTURA setiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s