Buah Yang Baik & Tidak Baik Bagi Pengidap Diabetes

image_thumb.pngAda begitu banyak macam buah yang ada di pasaran. Namun tidak semua buah itu baik untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang mengidap penyakit diabetes.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap jenis makanan mengandung nilai glikemik indeks yang berbeda. Glikemik indeks adalah angka yang menunjukkan potensi meningkatnya kadar gula darah dari nilai karbohidrat yang terkandung pada suatu jenis makanan.

Atau dalam pengertian yang lebih sederhana, glikemik indeks merupakan tingkatan atau ranking pangan menurut efeknya terhadap kadar gula darah.

Kali ini infoterapi akan memberikan solusi bagi anda agar tetap dapat menjaga kadar gula darah anda tetap dalam kisaran yang stabil dengan memberikan daftar buah yang baik dan tidak bagi para pengidap diabetes.

  • Apel
    Apel menjadi buah yang paling diprioritaskan bagi para pengidap diabetes. Karena apel merupakan buah yang sangat baik untuk pengidap diabetes. Dalam sebuah penelitian konsumsi apel dapat menurunkan gula darah hanya dalam waktu 24 jam. Nilai glikemik apel juga cukup rendah yaitu 38, serta memiliki cukup serat sehingga baik untuk pengidap diabetes.
  • Jeruk
    Nilai glikemik indeks jeruk sebesar 44, maka pengidap diabetes diasarankan cukup mengkonsumsi 1 buah jeruk setiap harinya. Jeruk memiliki serat yang tinggi serta vitamin C yang nantinya berfungsi untuk mengontrol gula darah. Jeruk juga bisa menjadi makanan selingan rendah lemak yang dapat membantu mengurangi berat badan yang menjadi salah satu faktor pemicu resiko diabetes.
  • Jambu biji
    Selain murah, jambu biji juga mudah untuk didapatkan. Jambu biji juga mengandung gula alami yang tidak akan mempengaruhi gula darah anda. Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.
  • Anggur
    Anggur rendah nilai glikemik indeks, yaitu hanya sebesar 25 sehingga buah ini paling sering dijadikan obat alami oleh para dokter untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan mengkonsumsi anggur beserta kulit dan bijinya akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Namun jus anggur sangat tidak disarankan bagi pengidap diabetes.
  • Pear
    Buah ini merupakan buah yang sangat digemari oleh masyarakat luas, karena rasanya yang manis, berair dan banyak nutrisi. Dan ternyata pear memiliki serat yang lebih banyak daripada buah apel. Bila 1 buah apel mengandung 3 gr serat, maka pear mengandung 6 gr serat. Berarti 1 buah pear mengandung asupan serat lebih banyak daripada yang disarankan dalam sehari. Buah pear mengandung kalori dan indeks glikemik yang rendah.  Sehingga sangat baik untuk pengidap diabetes serta hipoglikemik.
  • Berry
    Strawberry, blackberry, raspberry, blueberry  semuanya memiliki vitamin dan antioksidan. Buah ini juga mengandung serat dan memiliki nilai glikemik indeks yang rendah, sehingga baik untuk pengidap diabetes.
  • Ceri
    Sama seperti berry, buah ceri juga mengandung antioksidan. Buah ini mengandung gula yang sedikit lebih tinggi, namun rendah karbohidrat dan yang terpenting nilai glikemik indeks yang cukup rendah yaitu hanya 23.

Sedangkan golongan buah-buahan yang harus dihindari oleh pengidap diabetes, adalah:

  • Durian
    Sebetulnya nilai glikemik indeks durian cukup rendah yaitu 49, namun mengandung gas serta kalori yang cukup tinggi sehingga sangat tidak baik untuk pengidap diabetes.
  • Kurma
    Kurma dalam keadaan kering memiliki kadar gula yang tinggi, melebihi buah apapun. Angka glikemik indeks juga tinggi yaitu 103 lebih tinggi dari gula murni yaitu 100. Gantilah kurma dengan buah kering yang lain seperti aprikot atau kismis yang memiliki glikemik indeks lebih sedikit.
  • Semangka dan melon
    Gula dalam semangka dan melon termasuk tinggi serta memiliki glikemik indeks yang tinggi yaitu 100 untuk semangka dan 65 untuk melon.
  • Nanas
    Buah nanas memiliki gula yang relatif banyak dari rasanya yang manis. Nilai glikemik indeksnya juga relatif yaitu 66 sehingga dianggap level sedang.
  • Pepaya dan mangga
    Meskipun tidak semanis nanas dan semangka, pepaya dan mangga ternyata memiliki kadar gula yang relatif tinggi yaitu mencapai 55 nilai glikemik indeks.

Ada baiknya untuk mengatur konsumsi buah untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Konsumsi secukupnya saja yaitu makan pagi 2 porsi, untuk camilan 1 porsi, makan siang 2 porsi, serta sehabis makan malam 2 porsi.

Porsinya pun tergantung dari jenis buah yang dikonsumsi. Untuk buah-buahan kecils eperti berry, anggur, cerry 1 porsi sama dengan 6 hingga 8 buah. Untuk buah ukuran sedang seperti pear, dan apel 1 porsi berarti sama dengan 1 buah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s